Klinik Aborsi Medis Yang Menjual Obat Akhirnya ditutup

Salah satu media berita ternama di AS mengabarkan bahwa terjadi penutupan klinik secara signifikan. Hal ini karena terjadinya kasus kematian cukup banyak karena pengakhiran kehamilan menggunakan obat. Walau sebenarnya penutupan tersebut diperuntukkan bagi klinik aborsi medis namun beberapa klinik aborsi bedah juga ditutup dan terkena imbasnya.

enhanced-6831-1443417989-8
image : buzzfeed.com

Beberapa berpendapat pemberantasan tersebut terkesan berlebihan, awalnya klinik aborsi disana berjumlah lebih dari 1000 klinik, sekarang setelah ditutup hanya sekitar 500an. sekitar 80 % ditutup!

Penggunaan pil aborsi dinilai tidak efektif, surfey dilakukan kepada mereka yang menggugurkan kandungan dengan obat. Hasilnya, kebanyakan dari mereka mengatakan aborsi tidak berhasil atau tidak tuntas bahkan tidak sedikit yang berakhir dengan pendarahan.

Sekarang pemerintah bersama dengan organisasi klinik aborsi di Amerika mulai memperketat pengawasan terhadap klinik aborsi bedah yang masih memberlakukan/menjual obat-obatan aborsi.

Tindakan aborsi langsung dengan metode vakum aspirasi dan kuretase dinilai paling efektif untuk menangani aborsi. Keberhasilan mencapai 99,9%. Hampir tidak ada kegagalan yang berarti kecuali kelalaian oleh dokter itu sendiri.

Prosesnya juga cepat tanpa efek samping. Pemerintah menganjurkan pelaksanaan aborsi dengan bedah. Banyak warga mengapresiasi tindakan tersebut. Kasus kematian yang terjadi di AS itu hendaknya menjadi pelajaran bagi kita agar lebih berhati-hati dalam memilih klinik aborsi. Ditangani oleh dokter yang berkompeten dan memiliki track record (berpengalaman). Hindari pemakaian obat-obatan.

Pemakaian obat ini kerap kali sangat diminati. Cara yang instant dan bisa dilakukan sendiri tanpa diketahui orang lain adalah alasan utama pil aborsi tetap populer. Di Indonesia sendiri, sangat dilarang penggunaan obat aborsi. Beberapa kasus penangkapan oleh oknum penjual obat sering terkuak oleh media. Kebanyakan di jual melalui online. Sebelum melakukan aborsi, segera lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan orang terdekat seperti orang tua, teman, sahabat. Apabila anda merasa takut memberitahukannya kepada orang tua, maka beritahukan kepada teman, atau lebih baik lagi kepada sahabat terdekat. Saran mereka pasti berguna bagi anda dalam menentukan keputusan yang tepat.

Dalam kondisi apapun jangan sekali-kali memilih pil sebagai cara aborsi anda. Masalah kesehatan jangka panjang adalah hal yang paling penting dan mahal. Kalaupun keputusan anda bulat untuk aborsi, pilihlah dokter sebagai pendamping anda. Carilah dokter spesialis kandungan (Sp.OG) yang mau melakukan aborsi anda.

Iklan